Home » Anything » Seberapa Aman Menggunakan Transportasi Udara?

Seberapa Aman Menggunakan Transportasi Udara?

Mencoba menerjemahkan salah satu isi dari artikel ‘Pilot’s Perspective’ yang ditulis Capt. Lim Khoy Hing pada majalah Travel 3 Sixty° (AirAsia In-flight Magazine) edisi November 2011.

Berdasarkan statistik, perjalanan mengggunakan pesawat atau transportasi udara lebih aman daripada moda transportasi lain pada umumnya. Sehingga dapat dikatakan maskapai lebih aman daripada penyedia jasa layanan transportasi lainnya. Idealnya, apabila seluruh maskapai di dunia ini melakukan perawatan armadanya dengan baik dan benar serta dengan kualitas yang sama, maka seluruh maskapai seharusnya memiliki tingkat keamanan yang sama. Namun pada kenyataannya, akan ada beberapa perbedaan bagaimana suatu maskapai mengatur dalam hal pelatihan kru dan teknisi, investasi untuk teknologi terbaru, perawatan pesawat, dan faktor lain yang menyebabkan sebuah maskapai lebih baik atau dirasa lebih aman daripada maskapai lainnya.

Fakta menunjukkan lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia menumpangi pesawat terbang setiap hari tanpa ada kasus apa pun. Sebagai contoh, pada tahun 2000, lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia menggunakan jasa transportasi udara. Khusus untuk di negara Amerika Serikat sendiri, lebih sedikit penduduk yang meninggal akibat kecelakaan pesawat dalam kurun waktu 60 tahun terakhir dibandingkan dengan penduduk yang kehilangan nyawanya akibat kecelakaan mobil pada periode tiga bulan.

Jadi, seberapa aman kah naik pesawat? Istilah ‘aman’ adalah bersifat relatif, yang dari diri kita masing-masing dapat memberikan definisi yang berbeda. Memang sebuah lelucon mengatakan bahwa maskapai ‘teraman’ di dunia adalah maskapai yang tidak memiliki pesawat atau yang memiliki pesawat namun pesawatnya tidak pernah terbang.

Peter Sandman, konsultan komunikasi risiko mengatakan, “The risks that scare people and the risks that kill people are very different. When hazard is high and outrage is low (car accidents), people under-react. And when hazard is low and outrage is high (air crashes), they overreact.”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: